Pages

Minggu, 26 September 2010

Mengapa memilih JAVA ?

# Open Source

* Always Open. Open Source atau Opened Source Code ( sumber program dapat di buka ), sehingga fihak selain pengembang perangkat lunak dapat melihat, memiliki dan mengubahnya.
* Perangkat lunak Open Source juga memiliki umur yang lebih panjang, karena bila institusi pengembang bangkrut maka masih banya fihak yang bisa mengembangkannya berdasarkan dari source code (kode program), yang tersedia.

# Free

* alias gratis, tidak perlu keluar uang ratusan dollar atau bahkan ribuan dollar. Walau tidak berarti sepenuhnya gratis. Free disini lebih pada bebas, yaitu bebas untuk menjalankannya, bebas untuk mengubahnya, bebas untuk menyebarkannya baik dengan atau tanpa perubahan.

# Multi Platform

* WORA (Write Once Run Anywhere ) , tulis sekali saja dan jalannkan dimana saja. Kita bisa menuliskan program java di atas Microsoft Windows dan dengan mudah kita bisa langsung menjalankannya di sistem operasi yang lain seperti Linux, Macintosh dan Solaris.

# Portable

* Mudah dipindahkah.

# Robust

* Ketatnya pengecekan tipe-data pada java dilakukan saat kompilasi. Ketatnya pengecekan saat run-time oleh interpreter akan menangani error-error yang lain. Keduanya membuat java tahan terhadap terjadinya crash/macet. Programnya bisa macet tapi tidak akan mempengaruhi sistem secara keseluruhan.

# Scalable

* dapat membuat system yang besar

# Standard

* TCK – Technology Compatibility Kit, perangkat tes untuk mengetahui implementasi dari JSR – Java Specification Request.
* JSR – Java Specification Request, dokumen resmi mengenai spesifikasi dan teknologi yang ditambahkan dalam platform java. Pembuatan JSR ini dilakukan oleh JCP – Java Community Process.
* JCP – Java Community Process, fihak-fihak yang menentukan masa depan dari platform java.

# Multi Company Support

* didukung oleh banyak perusahaan, bisa dilihat disini.

# Secure

* Compiler java menangkap lebih banyak error (dibandingkan bahasa lain) saat kompilasi berlangsung.
* Java Tidak mengalokasikan pointer secara langsung ke memori. Hal ini menghindari kesalahan referensi memori ke fihak lain.

0 komentar:

world of programmer